Minggu, 03 Mei 2009

VIRUS H1N1

World Health Organization (WHO) mengakui belum mengetahui asal muasal munculnya virus flu babi di Meksiko. Ada kemungkinan besar, virus flu babi yang sudah menular dari orang ke orang di Meksiko itu, merupakan campuran virus yang berasal dari manusia, babi dan unggas.

Hal itu diungkapkan para virologi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. drh. Widya Asmara, S.U., Ph.D, di ruang seminar biotek, Gedung Pusat Antar Universitas (PAU), UGM, jumat (1/5/2009)

Menurut dia kasus di mexico penyebabnya bukan berasal dari babi, karena tidak diketemukan babi yang terjangkiti virus tersebut. Bahkan kasus kematian flu babi di Meksiko, tidak diawali kasus influenza pada babi. Widya mensinyalir kemungkinan besar virus flu babi yang sudah menular dari orang ke orang di Meksiko ini, merupakan campuran dari informasi genetik dari virus berasal dari manusia, babi dan unggas.

Meski virus tersebut merupakan capuran dari kelompok virus H1N1 pada manusia, babi, dan unggas. Menurut dia, kemungkinan besar bisa berpotensi menimbulkan koalisi virus baru yang berasal dari kuda, kucing, dan anjing yang memiliki virus influenza H1N1. Meski untuk sementara ini, virus flu babi di Meksiko ini campuran dari ketiga virus manusia, unggas dan babi ini.

Flu babi yang kini disebut influenza A H1N1 kini mencapai Asia dan negara-negara Skandinavia. Pemerintah di Hongkong dan Denmark memberikan konfirmasi mengenai kasus pertama influenza A H1N1 di negaranya. Pasien yang terjangkit virus H1N1 adalah warga Meksiko yang tiba dari New York. Inggris melaporkan infeksi pertama virus H1N1 antara manusia di dalam wilayahnya. Sementara itu di Jerman, seorang perawat tertular flu A H1N1 dari pasien yang baru datang dari Meksiko. Dengan begitu, jumlah orang yang terjangkiti influenza A H1N1 di Jerman menjadi lima orang. Institut penelitian penyakit menular Robert Koch Institut di Berlin bersiap menghadapi kemungkinan adanya penyebaran virus tersebut, dan menambahkan bahwa penyebaran virus H1N1 di Jerman tidak secepat seperti di Meksiko.

(bgs/djo en dw-world)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar